Visi

Menjadi lembaga pemberdaya dan pengembang masyarakat yang dapat memberikan arah perubahan untuk mewujudkan masyarakat utama secara berkelanjutan

Misi

  1. Mewadahi kegiatan pemberdayaan dan pengembangan masyarakat bagi para dosen UMS dan para pelaku pembangunan.
  2. Memberikan arah perubahan pada masyarakatmenuju masyarakat mandiri dan sejahtera melalui penerapan IPTEKS secara berkelanjutan, khususnya masyarakat Jawa Tengah.
  3. Menghimpun, mengkaji, membangkitkan IPTEKS tepat guna yang dibutuhkan masyarakat.
  4. Mengembangan sinergitas kerjasama pemerintah, masyarakat, dan bisnis.
  5. Melaksanakan penataan sumber daya manusia dan kelembagaan UMS dengan membangun sistem kepemimpinan dan manajemen, serta jaringan yang luas bagi pengembangan masyarakat yang mendorong tercapainya visi UMS.

Tujuan

  1. Membentuk komunitas agen perubahan masyarakat yang terpadu baik secara mono maupun multi disiplin dari kalangan civitas akademika UMS.
  2. Menyebarluaskan inovasi dan penerapan IPTEKS untuk membangkitkan kemampuan, kemandirian, dan swadaya masyarakat.
  3. Meningkatkan program kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan atas kerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama dengan industri untuk meningkatkan kemampuan perguruan tinggi dan kemitraan dalam pelatihan tenaga profesional.
  5. Meningkatkan konsolidadi kerjasama antar perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia melalui konsorsium LPPM PTN/PTS se-Indonesia