Profil LPPM UMS

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah (LPPM UMS) berdiri sejak tahun 1977 ketika UMS masih berupa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Surakarta. Lembaga tersebut semula bernama Lembaga Penelitian dan Studi Kemasyarakatan (LPSK), di bawah kepemimpinan Basuki Haryono dan Nurhadi Thohir.

Seiring dengan perubahan status kelembagaan pendidikan tinggi, dari institut menjadi universitas, lembaga tersebut juga beberapa kali mengalami perubahan kelembagaan, dengan memisahkan atau mengintegrasikan fungsi penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pada tahun 1981, LPSK dipecah menjadi Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian Masyarakat. Lembaga Penelitian dipimpin oleh Nurhadiantomo dan Darmawan, sedangkan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat dipimpin oleh Basuki Haryono dan Harsono DW.

Pada tahun 1992, kedua lembaga tersebut disatukan lagi menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) dan dipimpin oleh Moechson Boerhani dan M. Thoyibi. Akhirnya, pada tahun 1996 LPPM dipecah lagi menjadi Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat. Lembaga Penelitian dipimpin oleh M. Thoyibi dan Henry Hartono, sedangkan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat dipimpin oleh Moechson Boerhani dan Sami’an.

Sejak tahun 2001, Lembaga Penelitian dipimpin oleh Dr. Markhamah, M.Hum. dan Drs. M. Musiyam, MTP., sedangkan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat dipimpin oleh Drs. Sofyan Anif, M.Si., dan Drs. Basworo Dibyo, M.Si. Pada tanggal 1 April 2005, kedua lembaga tersebut disatukan kembali menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) dengan SK Rektor Nomor: 029/IV/2005 dan dipimpin oleh Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. dengan didampingi oleh Wakil Bidang I (Penelitian) Drs. Suharjo, MS. , dan Wakil Bidang II (Pengabdian kepada Masyarakat) Dr. Absori, SH., M.Hum.

Pada tahun 2009 terjadi restrukturisasi Pejabat LPPM UMS sesuai dengan SK Rektor UMS No. 053/IV/2009 tertanggal 5 Mei 2009. Ketua LPPM UMS dijabat oleh Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum, Wakil Ketua: Kun Harismah, P.hD., Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengembangan Publikasi Ilmiah: Dr. Muhtadi, M.Si., Sekretaris Bidang Pengabdian Masyarakat: Drs. Suharjo, MS., Kaur Tata Usaha: Muhammad Nafi’, SE., Kaur Pembantu Pendahara: Asih Prasetyaning Agustin.

Berdasarkan SK Rektor Nomor 078/IV/2013 tanggal 20 April 2013 tentang Penataan Pejabat Struktur dan Organisasi di lingkungan UMS ketua LPPM (Prof. Dr. Harun Joko Prayitno), Wakil Bidang Penelitian (Dr. Muhtadi), Wakil Bidang Pengabdian (Dr. Kuswaji Dwi Priyono), Wakil Bidang Publikasi dan HaKI (Kun Harismah, Ph.D), Ka TU (Ngatono, S.E., M.Si.). Selanjutnya, seiring dengan terpilihnya Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum sebagai Dekan FKIP, sesuai dengan SK Rektor Nomor: 070/IV/2014 tanggal 20 Februari 2014 tentang Restrukturisasi Pejabat LPPM UMS Periode 2014/2017,  ada sedikit pergantian kepemimpinan yaitu Agus Ulinuha, Ph.D. (Ketua LPPM UMS), Dr. Muhtadi, M.Si. (Sskretaris LPPM UMS), Kun Harsimah, Ph.D. (WaKa Bid Penelitian dan HKI), dan Dr. Kuswaji Dwi Priyono, M.Si. (WaKa Bid Pengabdian Masyarakat)

 

JENIS DAN FUNGSI LAYANAN

LPPM UMS adalah unsur pelaksana akademik yang mengkoordinasi, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat, serta mengusahakan dan mengendalikan administrasi sumber daya yang diperlukan. Fungsi LPPM sebagai lembaga koordinasi yang bertugas mengkoordinasi, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen, baik secara mandiri maupun kelompok. LPPM juga mengkoordinasi dan memfasilitasi kegiatan penelitian yang bersifat multi, antar, dan lintas bidang yang diselenggarakan oleh pusat studi yang bersifat multidisipliner. Di samping itu, berfungsi sebagai pusat konsultasi persoalan-persoalan pengembangan masyarakat, terutama berkaitan dengan konsultasi kewirausahaan dan pengembangan usaha kecil dan menengah.

Kegiatan pengabdian masyarakat ditekankan pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya kaum dhua’fa dalam kerangka pembentukan keluarga sakinah pada masyarakat Surakarta dan sekitarnya. Aplikasi keilmuan yang dikembangkan mencakup aplikasi teknologi tepat guna dan sederhana serta peningkatan kualitas sumber daya masyarakat pedesaan dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan, penanganan pendidikan di luar sekolah khususnya yang berkaitan dengan dakwah islamiyah, pengembangan wilayah, dan sebagainya. Untuk menangani pengabdian  kepada  masyarakat,  di  LPPM  UMS  terdapat  4  pusat studi, yaitu: (1) Pusat Pelayanan dan Pendidikan Masyarakat, (2) Pusat Penerapan dan Pengembangan Teknologi, (3) Pusat Kewirausahaan (Pusat Pengembangan Karier dan Penempatan Kerja), dan (4) Pusat HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual).

 

SKIM PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

 Skim-skim Penelitian yang didanai oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta yaitu:

  • Penelitian Reguler Kompetitif (PEREKOM)
  • Penelitian Prioritas Kompetensi Pascasarjana (PENTASPENA)
  • Penelitian Hibah Doktor/Doctoral Research Grant (PHD)
  • Penelitian Pusat Studi (PESATU)
  • Penelitian Unggulan Program Studi (PUPS)
  • Penelitian Kemitraan Strategis (PEMITRA)
  • Penelitian Pemberdayaan Riset Unggulan (PINPRU)

Sedangkan Skim Pengabdian Kepada Masyarakat yang didanai oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta yaitu:

  • Pengabdian Masyarakat Kompetitif (PAKOM)
  • Panduan Pengabdian Masyarakat Inovatif Pemberdayaan dan Peningkatan UKM (PAPIKU)
  • Pengabdian Masyarakat Kemitraan Strategis (PEMITRA)
  • Pengabdian Masyarakat Binaan dan Kerjasama (PENAKERJA)