Jumat, 25 Juli 2014

  |  Login  |  Download  |   

Joomla 25

Inovasi dan Strategi Pembelajaran Interaktif untuk Guru SD

dialog_interaktif_di_jepara_1Pada Sabtu, 20 Pebruari 2010, LPPM UMS bekerjasama dengan SD Muhammadiyah Kriyan Kalinyamatan, Dinas Pendidikan Dasar Kalinyamat, dan Dikdasmen Muhammadiyah Cabang Kalinyamatan, Jepara, menyelenggarakan Dialog Interaktif dengan tema “Menciptakan Strategi dan Inovasi Pembelajaran Aktif bagi Guru SD Daerah Jepara Jawa Tengah”.

Acara yang dibuka oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalimanyatan (dr. H. Zakariya) ini dihadiri oleh 32 peserta yang berasal dari utusan SD se-Kalinyamatan.

Dalam diskusi interaktif ini peserta dipandu oleh ketua LPPM UMS (Dr. Harun Joko Prayitno), Sekretaris Bidang Penelitian LPPM UMS (Dr. Muhtadi), dan Sekretaris Bidang Pengabdian (Drs. Suharjo MS).

Dalam pemaparannya, pemandu menyampaikan bahwa untuk mencapai tujuan pembelajaran harus dilakukan inovasi pembelajaran, seperti perubahan paradigma. Saat ini paradigma pembelajaran yang semula teachers’ centered berubah menjadi studens’ centered. Di sini anak didik adalah pemeran utama, sedangkan guru merupakan fasilitator belajar. Guru harus mampu memicu dan memacu ketertantangan siswa untuk belajar.

Dalam kualitas pembelajaran terdapat beberapa faktor penentu, seperti kinerja guru, kompetensi anak didik, kompetensi guru, iklim pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan sistem pembelajaran. [aza]

Makalah dalam dialog ini dapat didownload di sini

{artsexylightbox autoGenerateThumbs="true" path="images/stories/gallery/2010_02_20_pelatihan_inov_pembelajaran" previewWidth="100"} {/artsexylightbox}
Anda disini: Home Kegiatan Berita Foto Inovasi dan Strategi Pembelajaran Interaktif untuk Guru SD